Tahu kah kalian akan pengertian dari Suku ?… dimana, suku ini memiliki pengertian sebagai salah satu unit sosial Madat yang tertinggi, yang memang terdiri dari satu atau lebih marga ( ini diambil langsung dari bahasa Ambon ) dimaan dikenal lebih jelasnya sebagai Mataruma. Nah, dari satu Mataruma ini memang memiliki minimal 1 keluarga. Dengan begitu kalian jadi mengerti bahwasannya suku bangsa ini sudah memiliki Struktur Sosial yang benar-benar Jelas dan juga sudah tertata baik sejak dulu kala terkhussu lagi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Maluku, Sumatra Utara, Sulawesi Utama, Nusa Tenggara, serta Tanah Papua.

Indonesia sendiri memang emnjadi salah satu negara yang sangatlah kaya akan keberagaman Budaya, Suku, Agama, Ras, serta Adat Istiadat yang di berikan oleh negara ini. banyak sudah negara lain mengakui kenyataan tersebut.

Bisa diambil contoh saja pada artikel sebelumnya. Dimana, ada Suku Abui yang sangatlah ramah menyambut kedatangan para wisatawan yang berada di desa Takpala itu. Nah, selain ini kalian juga masih bisa mengetahui beberapa suku lainnya yang mendiami negara Indonesia ini dan sudah sangat terkenal sekali keberadaannya di Indonesia.

Keberadaan Suku-Suku Ternama Di Indonesia

Dari keberagaman suku ini pun tentu saja memiliki banyak sekali kebudayaan yang memang masing-masing  akan menjadi salah satu ciri khas yang unik dari suku tersebut yang berada di Indonesia. Nah, beberapa suku unik ini memiliki nama ;

#1 Pedalaman Suku Buton

pernah bermain ke wilayah yang berad di Sulawesi Tenggara ?..

atau enggak, pernah mendengar akan kehadiran dari suku Buton ini ?..

Nama suku ini meamng beanr adanya. Kalian bisa menemui sukunya sendiri di Sulawesi Tenggara. Dimana, murni suku Buton berdiam diri di daerah Sulawesi tenggara ini.

Dari Suku Buton, nantinya kalian akan menemui salah satu tradisi yang cukup unik yakni mengenai tradisi Ritual-Ritual Pekande Kandea atau bisa kalian pahami dengan istilah ‘ Makan – makan ‘. Ritual ini memang menjadi salah satu ritual jamuan makan kepada tamu yang saat itu sedang mengunjungi suku Buton ini..

Cara makan-makan ini pun di lakukan dengan cara adanya anak-anak perempuan atau anak gadis dari suku Buton menyuapi para tamu yang datang ke tempatnya tersebut. ritual ini sudah ada sejak dhulu yang dilakukan untuk menyambut adanya para pejuang yang berasal dari medan perang.

#2 Pedalaman Suku Asmat

Suku Asmat mungkin menjadi suku yang kalian sudah tahu keberadaanya. Dimana, dalam pelajaran sejarah kalian juga sudah mengenal dengan adanya suku yang satu ini. jangankan di indonesia, suku Asmat sendiri juga sudah sangat dikenal di mata dunia. Banyak sudah beberapa negara yang tahu akan suku Asmat ini.

Bahkan ukiran-ukiran suku Asmat pun juga sudah banyak di jual dan memiliki ciri-ciri khasnya tersendiri. Banyak sudah penelitian dari Indonesia maupun dari negara lain yang emanmng membuktikan bahwasannya adat istiadat dari suku asmat ini tetaplah terpelihara dan sangatlah terjaga hingga sampai saat ini.

#3 Pedalaman Suku Dani

Kita main ke tempat yang lebih Timur lagi, yakni ke wilayah Papua Barat. Dimana suku Unik ini memang benar adanya  mendiami wilayah yang berada di Papua Barat. Suku Dani ini sendiri menjadi salah satu suku yang sangatlah kaya akan budaya serta tradisinya. Misalnya kalian bisa menemui rumah adat Honai di sana yang sangatlah unik, allu ada juga tradisi untuk membakar batu sebagai sambutan tamu dan juga tari perang untuk bisa menghormati para leluhur. Jika masalah setia terhadap Cinta, suku ini tidak main-main. Pasalnya, jika di suatu keluarga ada yang meninggal, ntah itu keluarga inti atau pasangannya maka, suku ini rela untuk memotong jari mereka dengan rasa berduka akibat kehilangan sosok yang paling di sayanginya itu.

# Pedalaman Suku Sasak

Selanjutnya kita mulai masuk ke suku yang sudah terkenal yakni Suku Sasak. Dimana, suku ini memiliki keunikan tersendiri. Dan keunikan suku ini terlihat pada  Ritual pernikahan yang dilaksanakannya tersebut. disini kalian akan menemui nantinya Calon Pengantin Pria sebisa mungkin menculik pengantin wanitanya yang memang sudah ada kesepakatan dari keluarga sang wanita. Tidak semerta merta langsung sikat culik aja bos hehehe.

Nah, selain daripada itu disana juga terdapat tradisi dengan makan ketupat yang terkenal Meriah sekali. Dan warga suku Sasak ini juga nantinya akan mengunjungi berbagai tempat wisata dan mereka pun akan duduk bersama yang beralaskan tikar lalu memakan ketupat yang memang telah di bawa dari rumah masing-masing.

# Pedalaman Suku Dayak

Yang wajib kalian ketahui mengenai suku Dayak ini ialah, kurang lebihnya suku Dayak memiliki 400 sub suku atau macam-macam suku Dayak yang memang ada di Indonesia. Suku Dayak sendiri juga memiliki arti sebagai suku yang memang mendiami bagian hulu sungai. Salah satu yang kental akan suku Dayak ini ialah terletak dari Tato yang dimiliki suku tersebut.

Dari tato ini, bahkan ada Vocalis red Hot Chilli Peppers, Anthony Kiedis yang berkunjung ke Kalimantan dan dibuatkan langsung tato oleh suku Dayak di sana. Dan disni, dirinya juga sangat puas akan hasil tatoan dari seorang warga suku Dayak yang memiliki tato berwarna Hitam meinggal dengan tatonya ini nanti bisa berubah warna menjadi warna emas dan tubuhnya akan bersinar.

# Pedalam Suku Baduy

Nah, ini salah satu suku yang sangatlah terkenal yang ada di Indonesia. Yakni, suku Baduy. Di Indonesia sendiri suku Baduy ini hidup tanpa adanya keterkaitan unsur yang mengandung Modernitas. Jadi ketika kalian sedang berkunjung ke tempat di mana suku Baduy tinggal, tidak akan kalian menemukan sumber utama seperti Listrik yang banyak sudah di gunakan bagi orang-orang kebanyakan di dunia ini.

Jika kalian berasal dari Banten, maka kalian lebih tau akan kehadiran suku ini. dimana, suku ini memang berasal dari daerrah Banten yang berdekatan langsung dengan ibu kota namun tidak tersentuh dengan adanya unsur Modernitas sama sekali. Nah, suku unik di indonesia ini juga sudah terdiri dari Suku Baduy dalam dan juga suku Baduy Luar.

Dari sini juga bisa terlihat perbedaannya loh.. 2 suku baik Baduy dalam dengan Baduy luar ini juga memiliki perbedaan yang spesifikasi lho. Dimana :

  • Suku Baduy Dalam ; yakni sukunya lebih berpegang erat kepada adat istiadat yang dimiliki oleh suku tersebut. misalnya saja tidak ada yang boleh membawa masuk kebudayaan yang modernitas, tidak ingin tahu akan perkembangan dari dunia luar, dan mereka tidak ingin di foto walau sebagai salah satu ajang pengabadian diri.
  • Suku Baduy Luar ; di perbolehkannya masyarakat suku Baduya Dalam untuk menggunakan peralatan yang modern. Nah, suku Baduy ini sendiri juga sangat produktif terhadap keberagaman kebudayaan seperti halnya seni dan juga tenunan yang ada.