Suku yang berada di Pulau kalimantan ternyata di ketahui banyak sekali jumlahnya. Selain suku utama yang paling dikenal adalah suku Dayak, Suku yang berada di pulau Kalimantan juga didominasi oleh beragam jenis suku campuran dan juga suku lainya yang jumlahnya sangat banyak. Selain suku Dayak yang memang dikenal memiliki sub atau jenis Dayak yang berbeda-beda yang ada di wilayah Kalimantan. Ternyata Suku yang berada di Pulau kalimantan lainnya juga cukup besar yaitu adalah Suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan.

Kalimantan atau yang disebut juga dengan nama Borneo pada zaman kolonial, adalah pulau terbesar ketiga yang ada di dunia. Pulau ini sendiri terletak di sebelah utara di Pulau Jawa dan juga berada di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan yang dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu Indonesia (73%), Malaysia sebanyak (26%), dan Brunei (1%). Pulau Kalimantan sendiri terkenal dengan julukan sebagai “Pulau Seribu Sungai” karena memang banyaknya sungai yang terdapat dan mengalir di pulau ini.

Suku di kalimantan yang Terkenal

Ada 5 budaya dasar dari masyarakat asli di rumpun Austronesia di wilayah Kalimantan atau Etnis Orang Kalimantan. Etnis tersebut terdiri dari Melayu, Dayak, Banjar, Kutai dan juga Paser. Sedangkan dari data sensus BPS yang dilakukan yaitu pada tahun 2010, suku bangsa yang terdapat di wilayah Kalimantan Indonesia sendiri dikelompokan menjadi tiga yaitu adalah suku Banjar, suku Dayak Indonesia yaitu (268 suku bangsa) dan juga suku asal Kalimantan lainnya yang bukan suku Dayak atau banjar. Suku Melayu yang berhasil menempati wilayah pulau Karimata dan berada di wilayah pesisir Kalimantan Barat, Sarawak, Brunei hingga ke daerah pesisir Sabah. Suku Banjar yang biasanya menempati wilayah Kalsel serta juga di bagian Kalteng dan juga Kaltim. Suku Kutai dan juga Paser yang menempati wilayah Kaltim. Sedangkan untuk suku Dayak sendiri biasanya menempati daerah pedalaman Kalimantan.

Keberadaan orang Tionghoa yang diketahui juga cukup banyak di kota Singkawang dan juga Pontianak dapat disamakan dengan komunitas Tionghoa Benteng yang bermukim di wilayah Kota Tangerang dekat Jakarta. Memang beberapa kota yang ada di pulau Kalimantan diduduki secara politis oleh beberapa mayoritas suku-suku imigran seperti halnya suku Hakka atau suku asli (Singkawang), suku Jawa yang berada di (Balikpapan, Samarinda), Bugis (Balikpapan, Samarinda, Pagatan, Nunukan, Tarakan) dan juga sebagainya. Nah dalam artikel ini akan dibahas beberapa suku yang populasinya cukup besar yang mendiami Kalimantan.

Suku Banjar

Suku yang berada di Pulau Kalimantan yang pertama yang jumlah populasinya diketahui cukup banyak dan juga menjadi suku yang hampir mendiami 1 Provinsi yakni di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Suku Banjar. Suku Banjar adalah sebuah suku bangsa yang menempati wilayah Kalimantan Selatan, serta suku ini mendiami sebagian wilayah Kalimantan Tengah dan juga sebagian Kalimantan Timur.

Populasi dari Suku Banjar sendiri dengan jumlah yang cukup besar di ketahui juga dapat ditemui di wilayah Riau, Jambi dan juga Sumatera serta berada di semenanjung Malaysia. Hal ini karena migrasi dari orang banjar pada abad ke-19 di wilayah kepulauan melayu. Berdasarkan dengan sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2010 orang Banjar yang berjumlah 4,1 juta jiwa. Sekitar 2,7 juta orang Banjar yang juga tinggal di Kalimantan Selatan dan juga 1 juta orang Banjar yang tinggal di wilayah Kalimantan lainnya. Serta 500 ribu suku Banjar yang lainnya yang berada di luar Kalimantan.

Suku bangsa Banjar yang juga berasal dari daerah Banjar yang merupakan sebuah pembauran dari masyarakat dan juga dari beberapa daerah yang berada di aliran sungai DAS Bahan, DAS Barito, DAS Martapura dan juga DAS Tabanio. Dari daerah pusat budaya suku Banjar yang sudah berabad-abad bergerak secara meluas melakukan migrasi

Bahasa Banjar merupakan sebuah bahasa ibu Suku Banjar. Bahasa ini diketahui sudah ada dan juga sudah berkembang sejak zaman Kerajaan Negara Dipa dan juga Daha yang bercorak Hindu-Buddha hingga saat itu datang agama Islam di Tanah Banjar. Banyak sekali kosakata-kosakata bahasa ini yang juga sangat mirip dengan Bahasa Dayak, Bahasa Jawa, maupun juga Bahasa melayu.

Suku Dayak

Suku terbesar yang ada di pulau Kalimantan selanjutnya adalah Suku Dayak. Suku Dayak sendiri adalah nama yang telah diberi oleh penjajah kepada penghuni sedalam pulau Borneo yang mendiami wilayah pulau Kalimantan seperti halnya Brunei, Malaysia yang terdiri dari Sabah dan juga Sarawak. Serta terdiri dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan tengah dan Kalimantan Selatan.

Suku Kutai

Suku besar yang lainnya yang juga ada di wilayah Kalimantan yaitu adalah Suku Kutai. Suku Dayak yang biasanya akan berada di wilayah Kalimantan Timur dan juga akan memiliki beberapa macam suku bangsa. Selain dayak ada 1 suku yang juga memang peran yang cukup penting di Kaltim yaitu suku Kutai. Suku Kutai merupakan sebuah suku melayu asli Kalimantan Timur yang awalnya mendiami wilayah pesisir Kalimantan Timur.

Suku Kutai, Dayak-Kutai, atau yang dikenal juga dengan Urang Kutai adalah salah satu dari suku rumpun dayak ot danum yang mendiami wilayah Kalimantan Timur dengan mayoritas beragama islam yang hidup di tepi sungai. Pada awalnya kutai yang merupakan nama dari suatu teori tempat bermukimnya masyarakat asli Kalimantan. Suku kutai juga hidup berdasarkan jenisnya yang termasuk ke dalam suku melayu

Suku Paser

Salah satu suku yang juga ada di Kalimantan yang juga sudah cukup besar populasinya yaitu adalah Suku Paser. Suku Paser sendiri adalah suku bangsa yang berasal dari tenganggara Kalimantan Timur yaitu tepatnya di Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan. Suku Pasar sebagian besar penduduknya beragama Islam dan juga beragama Kristen. Suku ini juga telah mendirikan kerajaan Islam yaitu Kerajaan Kesultanan Pasir, jadi termasuk ke dalam suku yang memasang berbudaya Melayu. Kemungkinan suku Paser ini masih berkerabat juga dengan suku Dayak Lawangan yang juga termasuk suku Dayak dari rumpun Ot Danum tersebut. Populasi suku Dayak Paser pada saat ini yang diperkirakan yaitu sebesar 155.000 jiwa.

Sebagian besar dari suku Dayak Paser yang di ketahui saat ini bermukim di wilayah pedalaman, yang berada di kawasan Hutan Lindung Gunung Lumut, di kabupaten Paser provinsi Kalimantan Timur. Sebelum mereka bermukim di tempat tersebut, dahulu mereka berasal dari daerah Balikpapan dan juga Penajam. Sebagian besar dari suku bangsa Paser yang juga bermukim di sepanjang Kalimantan tenggara. Dan pusatnya berada di daerah sepanjang sungai Kandilo dan juga Sungai Telake serta berada di daratan gunung lumut serta pegunungan meratus. Namun ada beberapa yang juga berdomisili di pesisir. Namun keberadaan mereka yang kalah banyak dengan populasi dari para Pendatang yang mayoritas datang ke pulau Kalimantan seperti halnya suku Jawa,Bugis dan juga Banjar.

Demikian itulah beberapa suku-suku besar yang mendiami wilayah Kalimantan. Beberapa suku tersebut merupakan mayoritas suku yang mendiami pulau Kalimantan, biarpun banyak juga suku-suku yang lain yang juga tinggal di Kalimantan namun keberadaan suku-suku tersebut tetap diperhitungkan.