Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan suku yang cukup terkenal didunia, hal ini dapat dilihat dari aneka keunikan, kehebatan kultur yang dimiliki, tradisi, kesenian dan keunggulan masing-masing. Selain itu, bisa dilihat juga dari banyaknya tempat wisata yang sangat kaya akan keberagaman. Harus mengakui bahwa negara Indonesia menyimpan keberagaman suku, kekayaan budaya dan tradisi yang begitu banyaknya.

Jika didalami dengan lebih seksama ada banyak sekali keunikan istimewa yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini juga mendukung reputasi kepopuleran yang diperoleh negara Indonesia akan aneka macam suku, sehingga menjadikan kebudayaan negara ini sangat terkenal di dunia internasional.

Berikut informasi lebih lanjut akan keberadaan suku-suku hebat di Indonesia yang sangat populer di mata dunia, yang di ulas secara singkat berdasarkan survey menurut beberapa rekomendasi situs.

Suku Jawa

Suku Jawa berhasil berada di urutan pertama suku yang masuk dalam skala kepopuleran dunia dikarenakan suku ini merupakan salah satu suku di Indonesia yang sangat mendunia. Salah satu faktor penting lainnya yaitu akibat dari populasi yang begitu besar, hingga suku ini menjadi mayoritas di nusantara. Oleh karena itu hampir seluruh negara mengetahui akan suku ini. Ditambah dengan penyebarannya, dimana di era moderen ini banyak terdapat suku jawa yang tinggal di beberapa negara lain, seperti di negara Suriname yang berada di Amerika Selatan. Negara ini menjadi salah satu negara yang banyak di huni oleh orang bersuku Jawa.

Suku ini juga banyak terkenal memiliki tradisi yang unik seperti wayang yang dikenal di Barat sebagai boneka kulit. Yaitu sebagai pertunjukkan seni yang menggunakan obyek permainan wayang dalam menggambarkan sebuah kisah tradisional. Selain itu kebudayaan Jawa juga terkenal melalui suku Badui atau yang suka ditulis Baduy juga terkenal sebagai kebudayaan tradisional di Indonesia dalam hal kemistikannya. Hingga pementasan reog ponorogo, tarian tradisional dari daerah Ponorogo yang juga mengandung unsur magis melalui penggunaan kepala singa, aneka topeng bagi para penarinya, hingga kuda lumping. Salah satu kesenian Jawa yang juga mengejutkan banyak orang seperti debus, serta kebudayaan Jawa lainnya.

 

Suku Batak

Suku Batak merupakan suku pertama yang popular di dunia karena kehebatannya. Hal ini diperkuat dengan faktor kebudayaan unik yang sangat kaya. Hal yang menguatkan sebagai poin dari terkenalnya suku batak terkenal di dunia adalah berkat dari perkenalan yang diberikan seorang berkewarganegaraan Prancis bernama Calvin Arlodien yang memperkenalkan kekayaan alam dan kebudayaan dari suku Batak. Berawal dari upaya mencari melihat lahan yang menjadi sumber penghasil tanaman obat. Calvin kemudian juga melihat sendiri akan kekayaan alam yang terbentang di kediaman suku Batak, seperti keindahan danau toba yang menjadikan wilayah alam suku Batak ini terkenal di dunia internasional. Danau yang menjadi danau terbesar serta terindah di Asia ini tak menyurutkan upaya dari banyak pengunjungnya, meski posisinya cukup jauh dari pusat perkotaan di Sumatera Utara.

 

Suku Melayu

Suku Melayu pada masa penjajahan dipilih menjadi bahasa yang diwajibkan bagi masyarakat tanah air sesuai dengan ketetapan dari Belanda. Suku Melayu awalnya berasal dari Indonesia, namun karena banyak dari suku ini yang berpindah ke kalimantan hingga perbatasan dengan Malaysia, sehingga bahasa serta kebudayaan Melayu menjadi sangat berkembang di Malaysia. Maka dari itu budaya Melayu sering disebut sebagai milik Malaysia. Saat ini suku Melayu tidak hanya ada di wilayah Sumatra dan Kalimantan saja seperti daerah asal yang banyak ditempati suku itu sebelumnya. Masyarakat suku ini banyak yang merantau dan berpindah ke berbagai tempat lain bahkan hingga ke luar negri. Oleh karena itu suku ini menjadi terkenal di dunia luas.

 

Suku Betawi

Suku Betawi termasuk suku yang dominan berada di Jakarta. Namun di era moderen ini, keberadaan dari suku iniĀ  semakin terpinggirkan dari kota Jakarta. Ditambah dengan beberapa informasi di media yang menyampaikan akan suku ini sebagai masyarakat kampung dan tertinggal dari segala perkembangan jaman, seperti salah satu lagu yang populer di satu acara televisi. Padahal suku Betawi ini sudah di kenal di dunia karena adatnya yang sangat kental, memiliki karakter kuat dan tidak mudah menyerah.

Suku Betawi sudah sangat terkenal pada masa penjajahan baik belanda maupun jepang. Kalau sudah membahas kota Jakarta pasti suku betawi akan menjadi poin di dalamnya, apalagi Betawi kaya akan kesenian seperti silat dan kebudayaan khas lainnya. Walaupun keberadaan suku ini menjadi cukup tenggelam akibat modernisasi yang terjadi di Jakarta.

 

Suku Asmat

Suku Asmat merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki aneka kekayaan budaya. Salah satu kebudayaannya yang unggul adalah produksi dari ukiran hasil kayu. Keanekaragaman pakaian adat yang digunakan oleh suku Asmat juga berasal dari alam, sehingga hal ini fakta yang mencengangkan bagi orang dari daerah luar. Hal ini menjadi bukti bahwa suku ini hidup sangat berikaitan dengan alam. Terdapat perbedaan yang unik antara pakaian kaum pria dan wanita disana. Untuk menggambarkan sosok jantan dalam pakaian pria, suku Asmat sering menggunakan model pakaian yang berlambangkan hewan kambing. Sedangkan untuk kaum wanitanya banyak menggambarkan sosok kecantikan seperti yang terlihat dari burung kasuari. Dalam hal ini para wanita menggunakan penutup di bagian kaki serta badan atas menggunakan daun sagu. Selain itu sosok burung juga sering digambarkan dalam model pakaian adat suku Asmat.

Suku Asmat berada di Papua, yang terkenal di mata internasional akan keindahan pemandangan alamnya. Representasi dari kultur yang masih sangat kuat juga banyak dikagumi dunia luar. Ditambah dengan faktor penting yang banyak menjadi perhatian dari bangsa asing akan Papua, yaitu dalam hal tambah emas besar milik perusahaan Freeport.