Indonesia sendiri adalah suatu negara kepulauan yang terdiri dan dikenal mempunyai banyak sekali jenis suku dan juga etnis yang tersebar menghuni berbagai pulau yang ada di indonesia. Berbagai macam etnis dan juga suku ini membuat indonesia mempunyai banyak keanekaragaman dalam segi hal kebudayaan. Indonesia sendiri yang dikenal sebagai salah satu negara dengan banyaknya pulau-pulau membuat ada beberapa suku yang hingga kini belum terjamah oleh peradaban. Indonesia  yang dikenal sebagai salah satu negara kepulauan yang dikenal memiliki banyak suku bangsa.

Suku Asing di Pedalaman Indonesia

Dan dari sekian banyak suku bangsa yang sekarang kita ketahui namun, tak sedikit pula suku-suku yang masih tinggal di pedalaman Indonesia yang hingga kini keberadaannya  masih terasingkan. Sulitnya akses untuk dapat menuju ke tempat yang ditinggali oleh suku-suku tersebut pada akhirnya membuat mereka pada akhirnya tidak bisa mendapatkan sebuah kehidupan layaknya yang sudah dilakukan oleh manusia modern seperti saat ini, dan hal tersebut membuatnya terancam punah. Berikut ini dalam artikel akan dibahas beberapa suku terasing yang ada di pedalaman indonesia yang keberadaanya terancam punah atau memang sudah punah? 

Suku Korowai (Papua)

Suku Korowai sendiri tercatat memiliki sebuah populasi yaitu sekitar 3.000 orang. Keberadaannya yang dimana suku ini ditemukan sekitar 30 tahun lalu yang berada di pedalaman Papua. Masyarakat dalam suku ini hidup di dalam rumah-rumah pohon yang mereka sebut dengan Rumah Tinggi yang dimana rumah-rumah tersebut dengan sebuah ketinggian bahkan hingga 50 meter jaraknya dari permukaan tanah. Hal unik yang terdapat dalam suku ini yaitu adalah dari sekian banyak suku asli yang ada di Papua orang-orang Suku Korowai ini menjadi salah satu suku di Papua yang dimana masyarakat tidak menggunakan “koteka”  yang diman alat sejenis penutup kemaluan yang biasanya digunakan untuk kaum laki-laki pada penduduk asli Pulau Papua.

Suku Togutil (Maluku Utara)

Terdapat sebuah komunitas etnik yang dimana hal mereka hidup di dalam hutan-hutan yang diketahui juga hidup secara nomaden atau berpindah-pindah di Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, terletak di  Halmahera Utara, Maluku Utara mereka sendiri adalah suku Togutil atau yang juga lebih dikenal masyarakat dengan Suku Tobelo Dalam. Karena suku tersebut diakibatkan juga aktivitas pertambangan yang ada disekitar hutan yang membuat suku Togutil tersebut sekarang terancam punah. Saat ini sendiri tercatat hanya tersisa  yaitu sekitar 42 keluarga dari Suku Togutil yang tercatat mereka berada di hutan Totodogu dan juga di hutan Lolobata.

Suku Bauzi (Papua)

Suku Bauzi termasuk  kedalam daftar 14 suku terasing yang dicatat menurut Summer Institute of Linguistics. Badan Pusat Statistik Papua sendiri juga memasukkan suku tersebut ke dalam daftar sbobet88 dari 20 suku yang masih terasing yang sudah teridentifikasi. Suku Bauzi sendiri yang juga dikenal dengan sebutan orang Baudi mereka sendiri hidup di hutan belantara, daerah pegunungan, di lembah kawasan Mamberamo dan juga membuat suku tersebut hingga kini tak tersentuh peradaban modern sama sekali.

Suku Anak Dalam (Jambi)

Suku pedalaman yang belum tersentuh selanjutnya adalah suku Anak dalam Jambi yang dimana suku ini juga disebut juga dengan nama panggilan Orang Kubu atau juga Orang Rimbo. Suku tersebut mereka tinggal di dalam kawasan hutan Provinsi Jambi suku tersebut juga dikenal dengan sebuah kelompok yang dimana mereka suka berpindah-pindah. Jika nantinya ada salah seorang dari anggota keluarga mereka meninggal, maka dalam Suku Anak Dalam ini mereka akan berpindah ke tempat yang lebih baru. Mereka juga sekarang keberadaanya sudah hampir punah dikarenakan semakin banyaknya sekarang hutan yang diratakan untuk dijadikan sebuah kawasan pemukiman atau pun juga industri.

Membahas mengenai suku-suku yang ada berada di Indonesia belum lama ini juga dunia maya dihebohkan dengan sebuah video yang menangkap sebuah kemunculan dari makhluk yang menyerupai manusia yang berada di daerah Aceh, Sumatera Utara. Dari sebuah video tersebut yang diupload salah satu channel youtube dari Usman Jabrik ini terlihat ada seorang yang berlari kencang dengan membawa sebuah kayu dan pada akhirnya menghilang di antara semak-semak. Belakangan ini diduga bahwa makhluk tersebut adalah orang dari suku Mante salah satu suku terawal yang mendiami kawasan Aceh yang sudah ada sejak alam dan menjadi salah satu cerita rakyat dari masyarakat Aceh 

Suku Mante

Dilansir dari Wikipedia saat ini untuk keberadaan suku Mante sendiri sudah punah karena telah bercampur dengan suku-suku pendatang lainnya. Namun, untuk hal ini masih belum terdapat bukti ilmiah yang kuat untuk keberadaan suku ini, jadi hal tersebut tentunya masih menjadi sebuah misteri hingga saat ini tentang suku tersebut. Suku tersebut yang diduga kehidupannya nomaden ini menjadi salah satu suku yang hingga kini belum tersentuh oleh modernisasi. Bankan keberadaan suku ini yang sekarang terancam punah pun menjadi suatu hal yang masih misteri. 

Suku Kombai

Salah satu daerah yang ada di Indonesia yang juga masih terdapat banyak suku terasingnya yaitu adalah wilayah Papua. Pulau Papua sendiri terletak di paling Timur yang berada di kawasan Indonesia dan di ketahui pulau ini sendiri masih menyimpan ratusan suku yang dimana mereka masih terisolasi. Suku Kombai tersebut menjadi salah satu suku yang ada di Papua yang dimana memiliki keistimewaan walaupun mereka terasing. Suku Kombai sendiri di ketahui tinggal di sebuah rumah pohon yang tinggi yang gunanya untuk menjauhkan mereka dari hewan buas, selain itu juga diketahui bahwa suku ini juga dikenal juga sebagai salah satu suku kanibal yang berada di Indonesia.

 Suku Lingon

Suku Lingon merupakan salah satu yang berada Terasing Di Indonesia yang dimana suku tersebut hidup di belantara hutan Halmahera, yang berada di Provinsi Maluku Utara. Suku ini juga dikenal dengan sebuah  ciri fisik yaitu mereka termasuk ras Kaukasoid yakni yang dimana mereka berkulit putih, mempunyai rambut pirang, dan  juga bermata biru. Menurut masyarakat sendiri, orang-orang dalam suku Lingon memang seperti itu namun sayangnya juga masyarakat Lingon sendiri mereka tidak menyadari kelebihan dari hal tersebut.

Keberadaan yang menjelaskan tentang keberadaan  mereka memang ini sekarang memang masih menjadi salah satu hal yang simpang siur. Ada juga yang mengatakan bahwa suku tersebut telah punah namun juga ada sebagian lainnya yang juga mengatakan jika mereka sengaja menjauh dan juga mereka mengasingkan diri agar nantinya kehidupan mereka tidak di usik oleh keberadaan suku lain.

Itulah beberapa suku terasing indonesia yang keberadaanya beberapa suku masih dipercayai ada dan juga sebagai mempercayai bahwa suku tersebut sudah punah. Namun keberagaman suku yang ada di indonesia adalah suatu hal yang harus kita banggakan dan juga kita lestarikan, suku-suku yang ada di pedalaman sendiri adalah suatu hal yang sudah seharusnya kehidupan  mereka kita jaga dengan cara tidak menghancurkan tempat tinggal mereka dengan keserakahan. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan tentang keanekaragaman suku yang ada di indonesia. Terimakasih.